Uang Bisa Membeli Kebahagiaan

Leave a Comment
Bayangkan kita sendirian di sebuah tempat, misalnya di puncak gunung. Sendirian. Apakah kita bahagia? Bayangkan kita di rumah dan kita selalu menutup rapat pintu dan jendela rumah kita. Apakah kita bahagia? Apakah jika kita mampu mengatur segala sesuatunya sendiri, kita bahagia? Apakah seseorang yang hidup sendirian dan melakukan segala sesuatunya sendirian itu bahagia?

Menurut saya, jika kita hidup sendirian dan melakukan segala sesuatunya benar-benar sendiri, maka kita tidak akan bahagia secara utuh. Kita bisa mendapatkan kebahagiaan secara utuh karena kehadiran orang lain. Karena adanya orang lain di dalam kehidupan kita.

Menurut Christoper Peterson, Profesor Psikologi di University of Michingan, "Other People Matter".

Apakah maksudnya ini?

Other People Matter adalah keterlibatan atau kehadiran orang lain itu penting dan berperan dalam kesehatan dan kebahagiaan kita. Cara terbaik untuk menikmati kesenangan adalah dengan cara menikmati kesenangan ditemani orang lain, bukan sendirian. Faktor penentu paling penting kepuasan hidup adalah faktor sosial, salah satunya adalah memiliki banyak teman.

Oleh karena itu, memiliki hubungan baik dengan banyak orang bisa jadi kondisi yang dibutuhkan supaya hidup bahagia. Uang bisa membeli kebahagiaan jika kita gunakan uang itu untuk kebahagiaan orang lain.

Prestasi bukan hanya dari kejeniusan yang kita punya, tapi juga dari mengajar dan mendidik orang lain. Karakter yang kita punya, kita pelajari dari orang tua dan guru kita masing-masing. Other people matter.

The Beatles pernah berkata dengan merdu pada kita bahwa, "All we need is LOVE". Maka, marilah kita mencari tahu mengapa yang kita butuhkan adalah CINTA.

Kehidupan yang baik akan ikut di dalam kebangkitan hubungan yang penuh cinta dengan teman, keluarga, pasangan hidup, bahkan dengan musuh. Other people matter, and we are all other people to someone else.

Kesimpulan dari teori Other People Matter adalah :

Pertama, jangan hanya terlalu sibuk mencari kebahagiaan di dalam diri sendiri, namun juga di dalam keterlibatan kita dengan orang-orang di sekitar kita.

Kedua, hargailah kehadiran orang-orang di sekitar kita, terutama orang-orang yang kita sayangi, orang tua, keluarga, dan sahabat.

Ketiga, sadari bahwa kamu juga akan selalu menjadi seseorang yang berarti bagi orang lain.




Buku "Sejenak Hening" by Adjie Silarus

0 komentar:

Posting Komentar